Kisah Para Rasul 3:1--5:41
Petrus menyembuhkan orang lumpuh
3:1 Pada suatu hari menjelang waktu sembahyang, yaitu pukul tiga petang,
naiklah Petrus dan Yohanes
ke Bait Allah.
3:2 Di situ ada seorang laki-laki, yang lumpuh sejak lahirnya
sehingga ia harus diusung. Tiap-tiap hari orang itu diletakkan dekat pintu gerbang
Bait Allah, yang bernama Gerbang Indah, untuk meminta sedekah
kepada orang yang masuk ke dalam Bait Allah.
3:3 Ketika orang itu melihat, bahwa Petrus dan Yohanes hendak masuk ke Bait Allah, ia meminta sedekah.
3:4 Mereka menatap dia dan Petrus berkata: "Lihatlah kepada kami."
3:5 Lalu orang itu menatap mereka dengan harapan akan mendapat sesuatu dari mereka.
3:6 Tetapi Petrus berkata: "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret
itu, berjalanlah
1 !"
3:7 Lalu ia memegang tangan kanan orang itu dan membantu dia berdiri. Seketika itu juga kuatlah kaki dan mata kaki orang itu.
3:8 Ia melonjak berdiri lalu berjalan kian ke mari dan mengikuti mereka ke dalam Bait Allah, berjalan dan melompat-lompat
serta memuji Allah.
3:9 Seluruh rakyat
itu melihat dia berjalan sambil memuji Allah,
3:10 lalu mereka mengenal dia sebagai orang yang biasanya duduk meminta sedekah di Gerbang Indah
Bait Allah, sehingga mereka takjub dan tercengang tentang apa yang telah terjadi padanya.
Khotbah Petrus di Serambi Salomo
3:11 Karena orang itu tetap mengikuti Petrus dan Yohanes,
maka seluruh orang banyak yang sangat keheranan itu datang mengerumuni mereka di serambi yang disebut Serambi Salomo.
3:12 Petrus melihat orang banyak itu lalu berkata: "Hai orang Israel, mengapa kamu heran tentang kejadian itu dan mengapa kamu menatap kami seolah-olah kami membuat orang ini berjalan karena kuasa atau kesalehan kami sendiri?
3:13 Allah Abraham, Ishak dan Yakub,
Allah nenek moyang
kita telah memuliakan Hamba-Nya, yaitu Yesus yang kamu serahkan
dan tolak di depan Pilatus,
walaupun Pilatus berpendapat, bahwa Ia harus dilepaskan.
3:14 Tetapi kamu telah menolak Yang Kudus
dan Benar,
serta menghendaki seorang pembunuh sebagai hadiahmu.
3:15 Demikianlah Ia, Pemimpin kepada hidup, telah kamu bunuh, tetapi Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati;
dan tentang hal itu kami adalah saksi.
3:16 Dan karena kepercayaan dalam Nama Yesus,
maka Nama itu telah menguatkan orang yang kamu lihat dan kamu kenal ini; dan kepercayaan itu telah memberi kesembuhan kepada orang ini di depan kamu semua.
3:17 Hai saudara-saudara,
aku tahu bahwa kamu telah berbuat demikian karena ketidaktahuan,
sama seperti semua pemimpin
kamu.
3:18 Tetapi dengan jalan demikian Allah telah menggenapi
apa yang telah difirmankan-Nya dahulu
dengan perantaraan nabi-nabi-Nya,
yaitu bahwa Mesias yang diutus-Nya harus menderita.
3:19 Karena itu sadarlah dan bertobatlah
2 , supaya dosamu dihapuskan,
3:20 agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan
3 , dan mengutus Yesus, yang dari semula diuntukkan bagimu sebagai Kristus.
3:21 Kristus itu harus tinggal di sorga
sampai waktu pemulihan segala sesuatu
4 ,
seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya
yang kudus di zaman dahulu.
3:22 Bukankah telah dikatakan Musa: Tuhan Allah akan membangkitkan bagimu seorang nabi
5 dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku: Dengarkanlah dia dalam segala sesuatu yang akan dikatakannya kepadamu.
3:23 Dan akan terjadi, bahwa semua orang yang tidak mendengarkan nabi itu, akan dibasmi dari umat kita.
3:24 Dan semua nabi
yang pernah berbicara, mulai dari Samuel, dan sesudah dia, telah bernubuat tentang zaman ini.
3:25 Kamulah yang mewarisi
nubuat-nubuat itu dan mendapat bagian dalam perjanjian
yang telah diadakan Allah dengan nenek moyang kita, ketika Ia berfirman kepada Abraham: Oleh keturunanmu semua bangsa di muka bumi akan diberkati.
3:26 Dan bagi kamulah pertama-tama Allah membangkitkan
Hamba-Nya dan mengutus-Nya
kepada kamu, supaya Ia memberkati kamu dengan memimpin kamu masing-masing kembali dari segala kejahatanmu
6 ."
Petrus dan Yohanes di hadapan Mahkamah Agama
4:1 Ketika Petrus dan Yohanes sedang berbicara kepada orang banyak, mereka tiba-tiba didatangi imam-imam dan kepala pengawal
Bait Allah serta orang-orang Saduki.
4:2 Orang-orang itu sangat marah karena mereka mengajar orang banyak dan memberitakan, bahwa dalam Yesus ada kebangkitan dari antara orang mati.
4:3 Mereka ditangkap dan diserahkan ke dalam tahanan
sampai keesokan harinya, karena hari telah malam.
4:4 Tetapi di antara orang yang mendengar ajaran itu banyak yang menjadi percaya, sehingga jumlah mereka menjadi
kira-kira lima ribu orang laki-laki.
4:5 Pada keesokan harinya pemimpin-pemimpin
Yahudi serta tua-tua dan ahli-ahli Taurat mengadakan sidang di Yerusalem
4:6 dengan Imam Besar Hanas dan Kayafas,
Yohanes dan Aleksander dan semua orang lain yang termasuk keturunan Imam Besar.
4:7 Lalu Petrus dan Yohanes dihadapkan kepada sidang itu dan mulai diperiksa dengan pertanyaan ini: "Dengan kuasa manakah atau dalam nama siapakah kamu bertindak demikian itu?"
4:8 Maka jawab Petrus, penuh dengan Roh Kudus
7 :
"Hai pemimpin-pemimpin umat dan tua-tua,
4:9 jika kami sekarang harus diperiksa karena suatu kebajikan kepada seorang sakit
dan harus menerangkan dengan kuasa manakah orang itu disembuhkan,
4:10 maka ketahuilah oleh kamu sekalian dan oleh seluruh umat Israel, bahwa dalam nama Yesus Kristus, orang Nazaret,
yang telah kamu salibkan, tetapi yang telah dibangkitkan Allah dari antara orang mati
--bahwa oleh karena Yesus itulah orang ini berdiri dengan sehat sekarang di depan kamu.
4:11 Yesus adalah batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan--yaitu kamu sendiri--,namun ia telah menjadi batu penjuru.
4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga
8 selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.
"
4:13 Ketika sidang itu melihat keberanian Petrus dan Yohanes
dan mengetahui, bahwa keduanya orang biasa
yang tidak terpelajar, heranlah mereka; dan mereka mengenal keduanya sebagai pengikut Yesus.
4:14 Tetapi karena mereka melihat orang yang disembuhkan itu berdiri di samping kedua rasul itu, mereka tidak dapat mengatakan apa-apa untuk membantahnya.
4:15 Dan setelah mereka menyuruh rasul-rasul itu meninggalkan ruang sidang,
berundinglah mereka,
4:16 dan berkata: "Tindakan apakah yang harus kita ambil terhadap orang-orang ini?
Sebab telah nyata kepada semua penduduk Yerusalem, bahwa mereka telah mengadakan suatu mujizat
yang menyolok dan kita tidak dapat menyangkalnya.
4:17 Tetapi supaya hal itu jangan makin luas tersiar di antara orang banyak, baiklah kita mengancam dan melarang mereka, supaya mereka jangan berbicara lagi dengan siapapun dalam nama itu."
4:18 Dan setelah keduanya disuruh masuk, mereka diperintahkan, supaya sama sekali jangan berbicara atau mengajar lagi dalam nama Yesus.
4:19 Tetapi Petrus dan Yohanes menjawab mereka: "Silakan kamu putuskan sendiri manakah yang benar di hadapan Allah: taat kepada kamu atau taat kepada Allah.
4:20 Sebab tidak mungkin bagi kami untuk tidak berkata-kata
9 tentang apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar.
"
4:21 Mereka semakin keras mengancam rasul-rasul itu, tetapi akhirnya melepaskan mereka juga, sebab sidang tidak melihat jalan untuk menghukum mereka karena takut akan orang banyak
yang memuliakan nama Allah
berhubung dengan apa yang telah terjadi.
4:22 Sebab orang yang disembuhkan oleh mujizat itu sudah lebih dari empat puluh tahun umurnya.
Doa jemaat
4:23 Sesudah dilepaskan pergilah Petrus dan Yohanes kepada teman-teman mereka, lalu mereka menceriterakan segala sesuatu yang dikatakan imam-imam kepala dan tua-tua kepada mereka.
4:24 Ketika teman-teman mereka mendengar hal itu, berserulah mereka bersama-sama kepada Allah,
katanya: "Ya Tuhan, Engkaulah yang menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya.
4:25 Dan oleh Roh Kudus dengan perantaraan hamba-Mu Daud,
bapa kami, Engkau telah berfirman: Mengapa rusuh bangsa-bangsa, mengapa suku-suku bangsa mereka-reka perkara yang sia-sia?
4:26 Raja-raja dunia bersiap-siap dan para pembesar berkumpul untuk melawan Tuhan dan Yang Diurapi-Nya.
4:27 Sebab sesungguhnya telah berkumpul di dalam kota ini Herodes
dan Pontius Pilatus
beserta bangsa-bangsa dan suku-suku bangsa Israel melawan Yesus, Hamba-Mu yang kudus,
yang Engkau urapi,
4:28 untuk melaksanakan segala sesuatu yang telah Engkau tentukan dari semula
oleh kuasa dan kehendak-Mu.
4:29 Dan sekarang, ya Tuhan, lihatlah bagaimana mereka mengancam kami dan berikanlah kepada hamba-hamba-Mu keberanian
untuk memberitakan firman-Mu
10 .
4:30 Ulurkanlah tangan-Mu untuk menyembuhkan orang, dan adakanlah tanda-tanda dan mujizat-mujizat
11 oleh nama Yesus, Hamba-Mu yang kudus.
"
4:31 Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah
tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus
12 ,
lalu mereka memberitakan firman Allah
dengan berani
13 .
Cara hidup jemaat
4:32 Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorangpun yang berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama.
4:33 Dan dengan kuasa yang besar
14 rasul-rasul memberi kesaksian
tentang kebangkitan
Tuhan Yesus dan mereka semua hidup dalam kasih karunia
yang melimpah-limpah.
4:34 Sebab tidak ada seorangpun yang berkekurangan di antara mereka; karena semua orang yang mempunyai tanah atau rumah, menjual kepunyaannya
itu, dan hasil penjualan itu mereka bawa
4:35 dan mereka letakkan di depan kaki
rasul-rasul; lalu dibagi-bagikan kepada setiap orang sesuai dengan keperluannya.
4:36 Demikian pula dengan Yusuf, yang oleh rasul-rasul disebut Barnabas,
artinya anak penghiburan, seorang Lewi dari Siprus.
4:37 Ia menjual ladang, miliknya, lalu membawa uangnya itu dan meletakkannya di depan kaki
rasul-rasul.
Ananias dan Safira
5:1 Ada seorang lain yang bernama Ananias. Ia beserta isterinya Safira menjual sebidang tanah.
5:2 Dengan setahu isterinya ia menahan sebagian dari hasil penjualan itu
dan sebagian lain dibawa dan diletakkannya di depan kaki
rasul-rasul.
5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu
dikuasai Iblis,
sehingga engkau mendustai Roh Kudus
15 dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu?
Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu
16 dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.
"
5:5 Ketika mendengar perkataan itu rebahlah Ananias dan putuslah nyawanya
17 .
Maka sangatlah ketakutan
semua orang yang mendengar hal itu.
5:6 Lalu datanglah beberapa orang muda; mereka mengapani mayat itu,
mengusungnya ke luar dan pergi menguburnya.
5:7 Kira-kira tiga jam kemudian masuklah isteri Ananias, tetapi ia tidak tahu apa yang telah terjadi.
5:8 Kata Petrus kepadanya: "Katakanlah kepadaku, dengan harga sekiankah tanah itu kamu jual?" Jawab perempuan itu: "Betul sekian.
"
5:9 Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan?
Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar."
5:10 Lalu rebahlah perempuan itu seketika itu juga di depan kaki Petrus dan putuslah nyawanya.
Ketika orang-orang muda itu masuk, mereka mendapati dia sudah mati, lalu mereka mengusungnya ke luar dan menguburnya di samping suaminya.
5:11 Maka sangat ketakutanlah
seluruh jemaat
18 dan semua orang yang mendengar hal itu.
Tanda-tanda dan mujizat-mujizat
5:12 Dan oleh rasul-rasul diadakan banyak tanda dan mujizat
di antara orang banyak. Semua orang percaya selalu berkumpul
di Serambi Salomo
dalam persekutuan yang erat.
5:13 Orang-orang lain tidak ada yang berani menggabungkan diri kepada mereka. Namun mereka sangat dihormati orang banyak.
5:14 Dan makin lama makin bertambahlah jumlah
orang yang percaya kepada Tuhan, baik laki-laki maupun perempuan,
5:15 bahkan mereka membawa orang-orang sakit ke luar, ke jalan raya, dan membaringkannya di atas balai-balai dan tilam, supaya, apabila Petrus lewat,
setidak-tidaknya bayangannya mengenai salah seorang dari mereka.
5:16 Dan juga orang banyak dari kota-kota di sekitar Yerusalem datang berduyun-duyun serta membawa orang-orang yang sakit dan orang-orang yang diganggu roh jahat. Dan mereka semua disembuhkan
19 .
Rasul-rasul dilepaskan dari penjara
5:17 Akhirnya mulailah Imam Besar dan pengikut-pengikutnya, yaitu orang-orang dari mazhab
Saduki,
bertindak sebab mereka sangat iri hati.
5:18 Mereka menangkap rasul-rasul itu, lalu memasukkan mereka ke dalam penjara
kota.
5:19 Tetapi waktu malam seorang malaikat
Tuhan membuka pintu-pintu penjara itu
dan membawa mereka ke luar,
katanya:
5:20 "Pergilah, berdirilah di Bait Allah dan beritakanlah seluruh firman hidup itu
kepada orang banyak."
5:21 Mereka mentaati pesan itu, dan menjelang pagi masuklah mereka ke dalam Bait Allah, lalu mulai mengajar di situ. Sementara itu Imam Besar dan pengikut-pengikutnya
menyuruh Mahkamah Agama
berkumpul, yaitu seluruh majelis tua-tua bangsa Israel, dan mereka menyuruh mengambil rasul-rasul itu dari penjara.
5:22 Tetapi ketika pejabat-pejabat datang ke penjara, mereka tidak menemukan rasul-rasul itu di situ.
Lalu mereka kembali dan memberitahukan,
5:23 katanya: "Kami mendapati penjara terkunci dengan sangat rapihnya dan semua pengawal ada di tempatnya di muka pintu, tetapi setelah kami membukanya, tidak seorangpun yang kami temukan di dalamnya."
5:24 Ketika kepala pengawal Bait Allah dan imam-imam kepala
mendengar laporan itu, mereka cemas dan bertanya apa yang telah terjadi dengan rasul-rasul itu.
5:25 Tetapi datanglah seorang mendapatkan mereka dengan kabar: "Lihat, orang-orang yang telah kamu masukkan ke dalam penjara, ada di dalam Bait Allah dan mereka mengajar orang banyak."
Rasul-rasul di hadapan Mahkamah Agama -- Nasihat Gamaliel
5:26 Maka pergilah kepala pengawal serta orang-orangnya ke Bait Allah, lalu mengambil kedua rasul itu, tetapi tidak dengan kekerasan, karena mereka takut, kalau-kalau orang banyak
melempari mereka.
5:27 Mereka membawa keduanya dan menghadapkan mereka kepada Mahkamah Agama.
Imam Besar mulai menanyai mereka,
5:28 katanya: "Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu.
Namun ternyata, kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan darah
Orang itu kepada kami."
5:29 Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: "Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia
20 .
5:30 Allah nenek moyang
kita telah membangkitkan
Yesus, yang kamu gantungkan pada kayu salib
dan kamu bunuh.
5:31 Dialah yang telah ditinggikan oleh Allah sendiri dengan tangan kanan-Nya
menjadi Pemimpin dan Juruselamat,
supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa.
5:32 Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu itu,
kami dan Roh Kudus,
yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang mentaati Dia
21 ."
5:33 Mendengar perkataan itu sangatlah tertusuk hati
mereka dan mereka bermaksud membunuh rasul-rasul itu.
5:34 Tetapi seorang Farisi dalam Mahkamah Agama itu, yang bernama Gamaliel,
seorang ahli Taurat
yang sangat dihormati seluruh orang banyak, bangkit dan meminta, supaya orang-orang itu disuruh keluar sebentar.
5:35 Sesudah itu ia berkata kepada sidang: "Hai orang-orang Israel, pertimbangkanlah baik-baik, apa yang hendak kamu perbuat terhadap orang-orang ini!
5:36 Sebab dahulu telah muncul si Teudas, yang mengaku dirinya seorang istimewa dan ia mempunyai kira-kira empat ratus orang pengikut; tetapi ia dibunuh dan cerai-berailah seluruh pengikutnya dan lenyap.
5:37 Sesudah dia, pada waktu pendaftaran penduduk,
muncullah si Yudas, seorang Galilea. Ia menyeret banyak orang dalam pemberontakannya, tetapi ia juga tewas dan cerai-berailah seluruh pengikutnya.
5:38 Karena itu aku berkata kepadamu: Janganlah bertindak terhadap orang-orang ini. Biarkanlah mereka, sebab jika maksud dan perbuatan mereka berasal dari manusia, tentu akan lenyap,
5:39 tetapi kalau berasal dari Allah, kamu tidak akan dapat melenyapkan orang-orang ini; mungkin ternyata juga nanti, bahwa kamu melawan Allah.
" Nasihat itu diterima.
5:40 Mereka memanggil rasul-rasul itu, lalu menyesah
mereka dan melarang mereka mengajar dalam nama Yesus. Sesudah itu mereka dilepaskan.
5:41 Rasul-rasul itu meninggalkan sidang Mahkamah Agama dengan gembira,
karena mereka telah dianggap layak menderita penghinaan oleh karena Nama Yesus.
Kisah Para Rasul 8:14-25
8:14 Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria
telah menerima firman Allah,
mereka mengutus Petrus dan Yohanes
ke situ.
8:15 Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus.
8:16 Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka
22 ,
karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.
8:17 Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka,
lalu mereka menerima Roh Kudus
23 .
8:18 Ketika Simon melihat
24 , bahwa pemberian Roh Kudus terjadi oleh karena rasul-rasul itu menumpangkan tangannya, ia menawarkan uang kepada mereka,
8:19 serta berkata: "Berikanlah juga kepadaku kuasa itu, supaya jika aku menumpangkan tanganku di atas seseorang, ia boleh menerima Roh Kudus."
8:20 Tetapi Petrus berkata kepadanya: "Binasalah kiranya uangmu itu bersama dengan engkau, karena engkau menyangka, bahwa engkau dapat membeli karunia Allah dengan uang.
8:21 Tidak ada bagian atau hakmu
dalam perkara ini, sebab hatimu tidak lurus
25 di hadapan Allah.
8:22 Jadi bertobatlah
dari kejahatanmu ini dan berdoalah kepada Tuhan, supaya Ia mengampuni niat hatimu ini;
8:23 sebab kulihat, bahwa hatimu telah seperti empedu yang pahit dan terjerat dalam kejahatan."
8:24 Jawab Simon: "Hendaklah kamu berdoa untuk aku
kepada Tuhan, supaya kepadaku jangan kiranya terjadi segala apa yang telah kamu katakan itu."
8:25 Setelah keduanya bersaksi dan memberitakan firman Tuhan,
kembalilah mereka ke Yerusalem dan dalam perjalanannya itu mereka memberitakan Injil dalam banyak kampung
di Samaria.
Kisah Para Rasul 9:32--12:19
Petrus menyembuhkan Eneas dan membangkitkan Dorkas
9:32 Pada waktu itu Petrus berjalan keliling, mengadakan kunjungan ke mana-mana. Dalam perjalanan itu ia singgah juga kepada orang-orang kudus
yang di Lida.
9:33 Di situ didapatinya seorang bernama Eneas, yang telah delapan tahun terbaring di tempat tidur karena lumpuh.
9:34 Kata Petrus kepadanya: "Eneas, Yesus Kristus menyembuhkan engkau;
bangunlah dan bereskanlah tempat tidurmu!" Seketika itu juga bangunlah orang itu.
9:35 Semua penduduk Lida dan Saron
melihat dia, lalu mereka berbalik kepada Tuhan.
9:36 Di Yope
ada seorang murid perempuan bernama Tabita--dalam bahasa Yunani Dorkas. Perempuan itu banyak sekali berbuat baik
26 dan memberi sedekah.
9:37 Tetapi pada waktu itu ia sakit lalu meninggal. Dan setelah dimandikan, mayatnya dibaringkan di ruang
atas.
9:38 Lida dekat dengan Yope. Ketika murid-murid
mendengar, bahwa Petrus ada di Lida, mereka menyuruh dua orang kepadanya dengan permintaan: "Segeralah datang ke tempat kami."
9:39 Maka berkemaslah Petrus dan berangkat bersama-sama dengan mereka. Setelah sampai di sana, ia dibawa ke ruang atas dan semua janda
datang berdiri dekatnya dan sambil menangis mereka menunjukkan kepadanya semua baju dan pakaian, yang dibuat Dorkas waktu ia masih hidup.
9:40 Tetapi Petrus menyuruh mereka semua keluar,
lalu ia berlutut
dan berdoa. Kemudian ia berpaling ke mayat itu dan berkata: "Tabita, bangkitlah!
" Lalu Tabita membuka matanya dan ketika melihat Petrus, ia bangun lalu duduk.
9:41 Petrus memegang tangannya dan membantu dia berdiri. Kemudian ia memanggil orang-orang kudus beserta janda-janda, lalu menunjukkan kepada mereka, bahwa perempuan itu hidup.
9:42 Peristiwa itu tersiar di seluruh Yope dan banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan.
9:43 Kemudian dari pada itu Petrus tinggal beberapa hari di Yope, di rumah seorang yang bernama Simon,
seorang penyamak kulit.
Petrus dan Kornelius
10:1 Di Kaisarea
ada seorang yang bernama Kornelius, seorang perwira pasukan yang disebut pasukan Italia.
10:2 Ia saleh, ia serta seisi rumahnya takut akan Allah
dan ia memberi banyak sedekah kepada umat Yahudi dan senantiasa berdoa kepada Allah.
10:3 Dalam suatu penglihatan,
kira-kira jam tiga petang,
jelas tampak kepadanya seorang malaikat
Allah masuk ke rumahnya dan berkata kepadanya: "Kornelius!"
10:4 Ia menatap malaikat itu dan dengan takut ia berkata: "Ada apa, Tuhan?" Jawab malaikat itu: "Semua doamu dan sedekahmu telah naik ke hadirat Allah
dan Allah mengingat engkau
27 .
10:5 Dan sekarang, suruhlah beberapa orang ke Yope
untuk menjemput seorang yang bernama Simon dan yang disebut Petrus.
10:6 Ia menumpang di rumah seorang penyamak kulit
yang bernama Simon, yang tinggal di tepi laut."
10:7 Setelah malaikat yang berbicara kepadanya itu meninggalkan dia, dipanggilnya dua orang hambanya beserta seorang prajurit yang saleh dari orang-orang yang selalu bersama-sama dengan dia.
10:8 Dan sesudah ia menjelaskan segala sesuatu kepada mereka, ia menyuruh mereka ke Yope.
10:9 Keesokan harinya ketika ketiga orang itu berada dalam perjalanan dan sudah dekat kota Yope, kira-kira pukul dua belas tengah hari, naiklah Petrus ke atas rumah
untuk berdoa
28 .
10:10 Ia merasa lapar dan ingin makan, tetapi sementara makanan disediakan, tiba-tiba rohnya diliputi kuasa ilahi.
10:11 Tampak olehnya langit terbuka
dan turunlah suatu benda berbentuk kain lebar yang bergantung pada keempat sudutnya, yang diturunkan ke tanah.
10:12 Di dalamnya terdapat pelbagai jenis binatang berkaki empat, binatang menjalar dan burung.
10:13 Kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata:
"Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah!"
10:14 Tetapi Petrus menjawab: "Tidak, Tuhan,
tidak, sebab aku belum pernah makan sesuatu yang haram dan yang tidak tahir.
"
10:15 Kedengaran pula untuk kedua kalinya suara yang berkata kepadanya:
"Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram."
10:16 Hal ini terjadi sampai tiga kali dan segera sesudah itu terangkatlah benda itu ke langit.
10:17 Petrus bertanya-tanya di dalam hatinya, apa kiranya arti penglihatan
yang telah dilihatnya itu. Sementara itu telah sampai di muka pintu orang-orang yang disuruh oleh Kornelius
dan yang berusaha mengetahui di mana rumah Petrus.
10:18 Mereka memanggil seorang dan bertanya, apakah Simon yang disebut Petrus ada menumpang di rumah itu.
10:19 Dan ketika Petrus sedang berpikir tentang penglihatan itu,
berkatalah
Roh
29 : "Ada tiga orang mencari engkau.
10:20 Bangunlah, turunlah ke bawah dan berangkatlah bersama-sama dengan mereka, jangan bimbang, sebab Aku yang menyuruh mereka ke mari.
"
10:21 Lalu turunlah Petrus ke bawah dan berkata kepada orang-orang itu: "Akulah yang kamu cari; apakah maksud kedatangan kamu?"
10:22 Jawab mereka: "Kornelius, seorang perwira yang tulus hati dan takut akan Allah,
dan yang terkenal baik di antara seluruh bangsa Yahudi, telah menerima penyataan Allah dengan perantaraan seorang malaikat kudus, supaya ia mengundang engkau ke rumahnya dan mendengar apa yang akan kaukatakan.
"
10:23 Ia mempersilakan mereka untuk bermalam di situ. Keesokan harinya ia bangun dan berangkat bersama-sama dengan mereka, dan beberapa saudara
dari Yope menyertai dia.
10:24 Dan pada hari berikutnya sampailah mereka di Kaisarea.
Kornelius sedang menantikan mereka dan ia telah memanggil sanak saudaranya dan sahabat-sahabatnya berkumpul.
10:25 Ketika Petrus masuk, datanglah Kornelius menyambutnya, dan sambil tersungkur di depan kakinya, ia menyembah Petrus.
10:26 Tetapi Petrus menegakkan dia, katanya: "Bangunlah, aku hanya manusia saja.
"
10:27 Dan sambil bercakap-cakap dengan dia, ia masuk dan mendapati banyak orang
sedang berkumpul.
10:28 Ia berkata kepada mereka: "Kamu tahu, betapa kerasnya larangan bagi seorang Yahudi untuk bergaul dengan orang-orang yang bukan Yahudi atau masuk ke rumah mereka.
Tetapi Allah telah menunjukkan kepadaku, bahwa aku tidak boleh menyebut orang najis atau tidak tahir.
10:29 Itulah sebabnya aku tidak berkeberatan ketika aku dipanggil, lalu datang ke mari. Sekarang aku ingin tahu, apa sebabnya kamu memanggil aku."
10:30 Jawab Kornelius: "Empat hari yang lalu kira-kira pada waktu yang sama seperti sekarang, yaitu jam tiga petang, aku sedang berdoa di rumah. Tiba-tiba ada seorang berdiri di depanku, pakaiannya
berkilau-kilauan
10:31 dan ia berkata: Kornelius, doamu telah didengarkan Allah dan sedekahmu telah diingatkan di hadapan-Nya.
10:32 Suruhlah orang ke Yope untuk menjemput Simon yang disebut Petrus; ia sedang menumpang di rumah Simon, seorang penyamak kulit, yang tinggal di tepi laut.
10:33 Karena itu segera kusuruh orang kepadamu, dan dengan senang hati engkau telah datang. Sekarang kami semua sudah hadir di sini di hadapan Allah untuk mendengarkan apa yang ditugaskan Allah kepadamu."
10:34 Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang
30 .
10:35 Setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran
berkenan kepada-Nya.
10:36 Itulah firman
yang Ia suruh sampaikan kepada orang-orang Israel, yaitu firman yang memberitakan
damai sejahtera
oleh Yesus Kristus, yang adalah Tuhan dari semua orang.
10:37 Kamu tahu tentang segala sesuatu yang terjadi di seluruh tanah Yudea, mulai dari Galilea, sesudah baptisan yang diberitakan oleh Yohanes,
10:38 yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi
Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan
semua orang yang dikuasai Iblis
31 , sebab Allah menyertai Dia.
10:39 Dan kami adalah saksi
dari segala sesuatu yang diperbuat-Nya di tanah Yudea maupun di Yerusalem; dan mereka telah membunuh Dia dan menggantung Dia pada kayu salib.
10:40 Yesus itu telah dibangkitkan
Allah pada hari yang ketiga, dan Allah berkenan, bahwa Ia menampakkan diri,
10:41 bukan kepada seluruh bangsa,
tetapi kepada saksi-saksi, yang sebelumnya telah ditunjuk oleh Allah, yaitu kepada kami yang telah makan
dan minum bersama-sama dengan Dia, setelah Ia bangkit dari antara orang mati.
10:42 Dan Ia telah menugaskan kami memberitakan kepada seluruh bangsa
dan bersaksi, bahwa Dialah yang ditentukan Allah menjadi Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati.
10:43 Tentang Dialah
semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa
percaya
kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya.
"
10:44 Ketika Petrus sedang berkata demikian, turunlah Roh Kudus ke atas
semua orang
32 yang mendengarkan pemberitaan itu.
10:45 Dan semua orang percaya dari golongan bersunat yang menyertai Petrus,
tercengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia Roh Kudus
33 dicurahkan
ke atas bangsa-bangsa lain
juga,
10:46 sebab mereka mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh
34 dan memuliakan Allah. Lalu kata Petrus:
10:47 "Bolehkah orang mencegah untuk membaptis orang-orang ini dengan air,
sedangkan mereka telah menerima Roh Kudus sama seperti kita?
"
10:48 Lalu ia menyuruh mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus.
Kemudian mereka meminta Petrus, supaya ia tinggal beberapa hari lagi bersama-sama dengan mereka.
Petrus mempertanggungjawabkan baptisan Kornelius di Yerusalem
11:1 Rasul-rasul dan saudara-saudara
di Yudea mendengar, bahwa bangsa-bangsa lain juga menerima firman Allah.
11:2 Ketika Petrus tiba di Yerusalem, orang-orang dari golongan yang bersunat
berselisih pendapat dengan dia.
11:3 Kata mereka: "Engkau telah masuk ke rumah orang-orang yang tidak bersunat dan makan bersama-sama dengan mereka.
"
11:4 Tetapi Petrus menjelaskan segala sesuatu berturut-turut, katanya:
11:5 "Aku sedang berdoa di kota Yope, tiba-tiba rohku diliputi kuasa ilahi dan aku melihat suatu penglihatan:
suatu benda berbentuk kain lebar yang bergantung pada keempat sudutnya diturunkan dari langit sampai di depanku.
11:6 Aku menatapnya dan di dalamnya aku lihat segala jenis binatang berkaki empat dan binatang liar dan binatang menjalar dan burung-burung.
11:7 Lalu aku mendengar suara berkata kepadaku:
Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah!
11:8 Tetapi aku berkata: Tidak, Tuhan, tidak, sebab belum pernah sesuatu yang haram dan yang tidak tahir masuk ke dalam mulutku.
11:9 Akan tetapi untuk kedua kalinya suara dari sorga berkata kepadaku:
Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram!
11:10 Hal itu terjadi sampai tiga kali, lalu semuanya ditarik kembali ke langit.
11:11 Dan seketika itu juga tiga orang berdiri di depan rumah, di mana kami menumpang; mereka diutus kepadaku dari Kaisarea.
11:12 Lalu kata
Roh kepadaku: Pergi bersama mereka
dengan tidak bimbang! Dan keenam saudara ini
menyertai aku. Kami masuk ke dalam rumah orang itu,
11:13 dan ia menceriterakan kepada kami, bagaimana ia melihat seorang malaikat
berdiri di dalam rumahnya dan berkata kepadanya: Suruhlah orang ke Yope untuk menjemput Simon yang disebut Petrus.
11:14 Ia akan menyampaikan suatu berita
kepada kamu, yang akan mendatangkan keselamatan bagimu dan bagi seluruh isi rumahmu.
11:15 Dan ketika aku mulai berbicara, turunlah
Roh Kudus ke atas mereka, sama seperti dahulu
ke atas kita
35 .
11:16 Maka teringatlah aku akan perkataan Tuhan:
Yohanes membaptis dengan air, tetapi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.
11:17 Jadi jika Allah memberikan karunia-Nya
kepada mereka sama seperti kepada kita
pada waktu kita mulai percaya
36 kepada Yesus Kristus, bagaimanakah mungkin aku mencegah Dia?"
11:18 Ketika mereka mendengar hal itu
37 , mereka menjadi tenang, lalu memuliakan Allah, katanya: "Jadi kepada bangsa-bangsa lain juga Allah mengaruniakan pertobatan yang memimpin kepada hidup.
"
Barnabas dan Saulus ke Antiokhia
11:19 Sementara itu banyak saudara-saudara telah tersebar karena penganiayaan yang timbul sesudah Stefanus
dihukum mati. Mereka tersebar sampai ke Fenisia, Siprus dan Antiokhia;
namun mereka memberitakan Injil kepada orang Yahudi saja.
11:20 Akan tetapi di antara mereka ada beberapa orang Siprus
dan orang Kirene
yang tiba di Antiokhia
dan berkata-kata juga kepada orang-orang Yunani dan memberitakan Injil,
bahwa Yesus adalah Tuhan.
11:21 Dan tangan Tuhan menyertai mereka
dan sejumlah besar orang menjadi percaya dan berbalik kepada Tuhan.
11:22 Maka sampailah kabar tentang mereka itu kepada jemaat di Yerusalem, lalu jemaat itu mengutus Barnabas
ke Antiokhia.
11:23 Setelah Barnabas datang dan melihat kasih karunia Allah,
bersukacitalah ia. Ia menasihati mereka, supaya mereka semua tetap setia
kepada Tuhan
38 ,
11:24 karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus
dan iman. Sejumlah orang dibawa kepada Tuhan.
11:25 Lalu pergilah Barnabas ke Tarsus
untuk mencari Saulus; dan setelah bertemu dengan dia, ia membawanya ke Antiokhia.
11:26 Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu
untuk pertama kalinya
disebut Kristen
39 .
11:27 Pada waktu itu datanglah beberapa nabi
40 dari Yerusalem ke Antiokhia.
11:28 Seorang dari mereka yang bernama Agabus
bangkit dan oleh kuasa Roh ia mengatakan, bahwa seluruh dunia
akan ditimpa bahaya kelaparan yang besar. Hal itu terjadi juga pada zaman Klaudius.
11:29 Lalu murid-murid
memutuskan untuk mengumpulkan suatu sumbangan,
sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing dan mengirimkannya kepada saudara-saudara
yang diam di Yudea.
11:30 Hal itu mereka lakukan juga dan mereka mengirimkannya kepada penatua-penatua
dengan perantaraan Barnabas
dan Saulus.
Yakobus mati -- Petrus dilepaskan dari penjara
12:1 Kira-kira pada waktu itu raja Herodes
mulai bertindak dengan keras terhadap beberapa orang dari jemaat.
12:2 Ia menyuruh membunuh Yakobus, saudara Yohanes,
dengan pedang
41 .
12:3 Ketika ia melihat, bahwa hal itu menyenangkan hati orang Yahudi,
ia melanjutkan perbuatannya itu dan menyuruh menahan Petrus. Waktu itu hari raya Roti Tidak Beragi.
12:4 Setelah Petrus ditangkap, Herodes menyuruh memenjarakannya di bawah penjagaan empat regu, masing-masing terdiri dari empat prajurit. Maksudnya ialah, supaya sehabis Paskah
ia menghadapkannya ke depan orang banyak.
12:5 Demikianlah Petrus ditahan di dalam penjara. Tetapi jemaat
42 dengan tekun mendoakannya
43 kepada Allah.
12:6 Pada malam sebelum Herodes hendak menghadapkannya kepada orang banyak, Petrus tidur di antara dua orang prajurit, terbelenggu dengan dua rantai.
Selain itu prajurit-prajurit pengawal sedang berkawal di muka pintu.
12:7 Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat
44 Tuhan dekat Petrus dan cahaya bersinar dalam ruang itu. Malaikat itu menepuk Petrus untuk membangunkannya, katanya: "Bangunlah segera!" Maka gugurlah rantai itu dari tangan
Petrus.
12:8 Lalu kata malaikat itu kepadanya: "Ikatlah pinggangmu dan kenakanlah sepatumu!" Iapun berbuat demikian. Lalu malaikat itu berkata kepadanya: "Kenakanlah jubahmu dan ikutlah aku!"
12:9 Lalu ia mengikuti malaikat itu ke luar dan ia tidak tahu, bahwa apa yang dilakukan malaikat itu sungguh-sungguh terjadi, sangkanya ia melihat suatu penglihatan.
12:10 Setelah mereka melalui tempat kawal pertama dan tempat kawal kedua, sampailah mereka ke pintu gerbang besi yang menuju ke kota. Pintu itu terbuka dengan sendirinya
bagi mereka. Sesudah tiba di luar, mereka berjalan sampai ke ujung jalan, dan tiba-tiba malaikat itu meninggalkan dia.
12:11 Dan setelah sadar akan dirinya,
Petrus berkata: "Sekarang tahulah aku benar-benar bahwa Tuhan telah menyuruh malaikat-Nya dan menyelamatkan aku
dari tangan Herodes dan dari segala sesuatu yang diharapkan orang Yahudi."
12:12 Dan setelah berpikir sebentar, pergilah ia ke rumah Maria, ibu Yohanes yang disebut juga Markus.
Di situ banyak orang berkumpul dan berdoa.
12:13 Dan ketika ia mengetuk pintu gerbang, datanglah seorang hamba perempuan bernama Rode untuk mengetahui siapa yang mengetuk itu.
12:14 Ia terus mengenal suara Petrus, tetapi karena girangnya
ia tidak membuka pintu gerbang itu dan segera masuk ke dalam untuk memberitahukan, bahwa Petrus ada di depan pintu gerbang.
12:15 Kata mereka kepada perempuan itu: "Engkau mengigau." Akan tetapi ia tetap mengatakan, bahwa benar-benar demikian. Kata mereka: "Itu malaikatnya.
"
12:16 Tetapi Petrus terus-menerus mengetuk dan ketika mereka membuka pintu dan melihat dia, mereka tercengang-cengang.
12:17 Tetapi Petrus memberi isyarat dengan tangannya,
supaya mereka diam, lalu ia menceriterakan bagaimana Tuhan menuntunnya ke luar dari penjara. Katanya: "Beritahukanlah hal ini kepada Yakobus
dan saudara-saudara
kita." Lalu ia keluar dan pergi ke tempat lain.
12:18 Pada keesokan harinya gemparlah prajurit-prajurit itu. Mereka bertanya-tanya apakah yang telah terjadi dengan Petrus.
12:19 Herodes menyuruh mencari Petrus, tetapi ia tidak ditemukan. Lalu Herodes menyuruh memeriksa pengawal-pengawal itu dan membunuh mereka.
Kemudian ia berangkat dari Yudea ke Kaisarea
dan tinggal di situ.
Kisah Para Rasul 15:6-11
15:6 Maka bersidanglah rasul-rasul dan penatua-penatua untuk membicarakan soal itu.
15:7 Sesudah beberapa waktu lamanya berlangsung pertukaran pikiran mengenai soal itu, berdirilah Petrus dan berkata kepada mereka: "Hai saudara-saudara, kamu tahu, bahwa telah sejak semula Allah memilih aku dari antara kamu, supaya dengan perantaraan mulutku bangsa-bangsa lain mendengar berita Injil dan menjadi percaya.
15:8 Dan Allah, yang mengenal hati manusia
45 ,
telah menyatakan kehendak-Nya untuk menerima mereka, sebab Ia mengaruniakan Roh Kudus juga kepada mereka
sama seperti kepada kita,
15:9 dan Ia sama sekali tidak mengadakan perbedaan antara kita dengan mereka,
sesudah Ia menyucikan hati mereka oleh iman.
15:10 Kalau demikian, mengapa kamu mau mencobai Allah
dengan meletakkan pada tengkuk murid-murid itu suatu kuk,
yang tidak dapat dipikul, baik oleh nenek moyang kita maupun oleh kita sendiri?
15:11 Sebaliknya, kita percaya, bahwa oleh kasih karunia
Tuhan Yesus
46 Kristus kita akan beroleh keselamatan sama seperti mereka juga."
1 Full Life: DEMI NAMA YESUS KRISTUS ... BERJALANLAH.
Nas : Kis 3:6
Penyembuhan pengemis yang cacat itu disebabkan oleh kuasa Kristus
yang bekerja lewat para rasul. Yesus mengatakan kepada para pengikut-Nya
tentang mereka yang akan percaya kepada-Nya, " ... demi nama-Ku ... mereka
akan meletakkan tangannya atas orang sakit dan orang itu akan sembuh"
(Mr 16:17-18). Gereja melanjutkan pelayanan penyembuhan Yesus Kristus
dalam ketaatan kepada-Nya. Mukjizat itu terlaksana karena iman "demi nama
Yesus Kristus" dan "karunia untuk menyembuhkan" yang bekerja melalui Petrus
(lih. 1Kor 12:1,9).
Petrus menyatakan bahwa dia tidak mempunyai emas atau perak, namun dapat
memberikan sesuatu yang lebih berharga. Gereja-gereja yang memiliki
kemakmuran materi yang memadai sebaiknya merenungkan perkataan Petrus ini.
Banyak gereja dewasa ini tidak bisa lagi berkata "Emas dan perak aku tidak
punya" dan juga tidak dapat mengatakan "Dalam nama Yesus Kristus dari
Nazaret, berjalanlah."
2 Full Life: SADARLAH, DAN BERTOBATLAH
Nas : Kis 3:19
(versi Inggris NIV berbunyi, "Maka bertobatlah, dan berbaliklah
kepada Allah"). Allah telah memilih untuk memberkati umat-Nya dengan
pencurahan Roh Kudus hanya jikalau ada pertobatan, yaitu berbalik dari dosa
dan jalan kehidupan yang tidak benar dari angkatan yang jahat di
sekitarnya, yaitu kembali kepada Allah, mendengarkan segala sesuatu yang
dikatakan oleh Kristus, sang nabi (ayat Kis 3:22-23), dan senantiasa
menuju kepada ketaatan yang sungguh dalam Kristus (bd. Kis 2:38-41;
Kis 5:29-32).
3 Full Life: WAKTU KELEGAAN
Nas : Kis 3:20
(versi Inggris NIV berbicara dalam ayat Kis 3:19 mengenai
"saat-saat penyegaran"). Sepanjang zaman ini sampai Kristus datang kembali,
Allah akan mendatangkan "saat-saat penyegaran" (yaitu, pencurahan Roh
Kudus) atas semua orang yang bertobat dan berbalik kepada-Nya. Walaupun
akan tiba saat-saat yang sangat sukar menjelang akhir zaman dan banyak akan
murtad dari iman (2Tes 2:3; 2Tim 3:1), Allah tetap berjanji akan
mengirim kebangunan rohani dan saat-saat penyegaran atas orang-orang yang
setia. Kehadiran Kristus, berkat-berkat rohani, mukjizat-mukjizat dan
pencurahan Roh Kudus akan dialami oleh kaum sisa yang dengan setia mencari
Dia, mengalahkan dunia, tabiat dosa, dan kekuasaan Iblis (bd.
Kis 26:18)
4 Full Life: WAKTU PEMULIHAN SEGALA SESUATU.
Nas : Kis 3:21
Kristus akan datang dari sorga untuk memberantas kejahatan dan
mendirikan kerajaan Allah di atas muka bumi yang bebas dari segala dosa.
Pada akhirnya semua hal yang dinubuatkan PL untuk dipulihkan (bd. pasal
Za 12:1-14:21; Luk 1:32-33) akan dipulihkan. Kristus akan menebus atau
membaharui seluruh alam semesta (Rom 8:18-23) dan akan memerintah atas
bumi (lih. pasal Wahy 20:1-21:27). Perhatikan bahwa yang mendatangkan
kemenangan Allah dan kerajaan-Nya bukanlah umat manusia yang ada di atas
bumi, melainkan Kristus dan bala tentara dari sorga (Wahy 19:11-20:9).
5 Full Life: SEORANG NABI.
Nas : Kis 3:22
Nubuat Musa dalam Ul 18:18-19 bahwa "Tuhan Allah akan
membangkitkan bagimu seorang nabi dari antara saudara-saudaramu sama
seperti aku" menjadi nubuat tentang Yesus Kristus. Dalam hal apakah Yesus
sama dengan Musa?
- 1) Musa diurapi oleh Roh Kudus (Bil 11:17); Roh Tuhan ada pada
Yesus untuk menyampaikan kabar baik (Luk 4:18-19).
- 2) Allah memakai Musa untuk meresmikan perjanjian lama; sedangkan Yesus
meresmikan perjanjian baru.
- 3) Musa menuntun bangsa Israel keluar dari Mesir ke Gunung Sinai dan
menetapkan hubungan perjanjian dengan Allah; Kristus menebus umat-Nya
dari dosa dan belenggu Iblis dan menetapkan hubungan baru yang hidup
dengan Allah agar melaluinya umat-Nya dapat masuk hadirat Allah.
- 4) Musa dalam peraturan PL menunjuk kepada persembahan seekor anak
domba untuk mengadakan penebusan; Kristus sendiri menjadi Anak Domba
Allah untuk memberikan keselamatan kepada semua orang yang menerima-Nya.
- 5) Musa dengan setia menunjuk kepada hukum Taurat serta kewajiban umat
Allah untuk menaatinya supaya menerima berkat-berkat Allah; Kristus
menunjuk kepada diri-Nya sendiri dan Roh Kudus sebagai cara Allah untuk
menggenapi kehendak-Nya serta menerima berkat-Nya dan hidup kekal.
6 Full Life: KEMBALI DARI SEGALA KEJAHATANMU.
Nas : Kis 3:26
Petrus sekali lagi menekankan bahwa percaya kepada Kristus serta
menerima baptisan dalam Roh Kudus tergantung pada syarat apakah seorang
berbalik dari dosa dan memisahkan diri dari kejahatan
(lihat cat. --> Kis 2:38;
lihat cat. --> Kis 2:40;
lihat cat. --> Kis 3:19;
lihat cat. --> Kis 8:21).
[atau ref. Kis 2:38,40; 3:19; 8:21]
Di dalam amanat rasuli yang mula-mula, tidak ada janji berkat tanpa
kesucian.
7 Full Life: PETRUS, PENUH DENGAN ROH KUDUS.
Nas : Kis 4:8
Petrus menerima kepenuhan Roh yang baru yang mendatangkan ilham,
hikmat, dan keberanian untuk memberitakan kebenaran Allah. Secara teologis
sangatlah penting bahwa kepenuhan dengan Roh bukanlah suatu pengalaman yang
terjadi sekali saja, melainkan pengalaman yang terjadi berkali-kali.
Peristiwa ini merupakan penggenapan janji Yesus dalam Luk 12:11-12;
peristiwa lain tentang kepenuhan ulang terdapat juga dalam Kis 7:55 dan
Kis 13:9.
8 Full Life: KESELAMATAN TIDAK ADA DI DALAM SIAPAPUN JUGA.
Nas : Kis 4:12
Para murid yakin bahwa kebutuhan terbesar setiap orang adalah
keselamatan dari dosa dan murka Allah, dan mereka berkhotbah bahwa
kebutuhan itu tidak dapat dipenuhi oleh seorang lain pun kecuali Kristus.
Hal ini mengungkapkan sifat eksklusif dari Injil serta tanggung jawab
gereja yang berat untuk menyampaikannya kepada semua orang. Apabila ada
jalan keselamatan yang lain, gereja bisa bersantai. Akan tetapi, menurut
Kristus sendiri (Yoh 14:6), tidak ada pengharapan untuk keselamatan
selain di dalam Kristus (bd. Kis 10:43; 1Tim 2:5-6). Amanat inilah
merupakan landasan tugas misioner.
9 Full Life: TIDAK MUNGKIN BAGI KAMI UNTUK TIDAK BERKATA-KATA.
Nas : Kis 4:20
Roh Kudus menciptakan di dalam para rasul suatu keinginan yang
membara untuk memberitakan Injil. Sepanjang kitab ini, Roh Kudus mendorong
orang-orang percaya untuk membawa Injil kepada orang lain (Kis 1:8;
Kis 2:14-41; 3:12-26; 8:25,35; 9:15; 10:44-48; 13:1-4).
10 Full Life: BERIKANLAH KEPADA HAMBA-HAMBA-MU KEBERANIAN UNTUK MEMBERITAKAN FIRMAN-MU.
Nas : Kis 4:29
Para murid memerlukan keberanian baru untuk bersaksi dan berbicara
tentang Kristus. Sepanjang kehidupan Kristen kita, kita juga perlu berdoa
supaya mengatasi ketakutan, penolakan, kecaman, dan penganiayaan. Kasih
karunia Allah, lewat kepenuhan Roh Kudus, akan membantu kita untuk
berbicara tentang Yesus dengan berani (bd. Mat 10:32).
11 Full Life: MENYEMBUHKAN ... ADAKANLAH TANDA-TANDA DAN MUJIZAT-MUJIZAT.
Nas : Kis 4:30
Berkhotbah dan mengadakan mukjizat berjalan bersama-sama
(Kis 3:1-10; 4:8-22,29-33; 5:12-16; 6:7-8; 8:6 dst; Kis 15:12; 20:7
dst). Mukjizat merupakan tanda-tanda yang dengannya Kristus meneguhkan
ucapan para saksi (Kis 14:3; bd. Mr 16:20).
- 1) "Tanda-tanda" pada umumnya menunjuk kepada perbuatan yang dilakukan
untuk menegaskan kehadiran kuasa ilahi, memberi peringatan atau
memperkuat iman.
- 2) "Mujizat-mujizat" menunjuk kepada peristiwa-peristiwa luar biasa
yang membuat seorang pengamat kagum. Perhatikan bahwa gereja sedang
berdoa agar kesembuhan, tanda-tanda, dan mukjizat-mukjizat akan terjadi.
Gereja masa kini perlu berdoa dengan sungguh-sungguh supaya Allah akan
meneguhkan Injil dengan kuasa besar, mukjizat dan kasih karunia
berlimpah-limpah (ayat Kis 4:33). Hanyalah bila kita memberitakan
Injil dalam kuasa PB, barulah kita akan dapat menjangkau generasi yang
hilang ini bagi Kristus.
12 Full Life: MEREKA SEMUA PENUH DENGAN ROH KUDUS.
Nas : Kis 4:31
Beberapa kebenaran penting menonjol di sini.
- 1) Istilah "dibaptiskan dengan (atau dalam) Roh Kudus"
(lihat cat. --> Kis 1:5)
[atau ref. Kis 1:5]
menguraikan karya Roh Kudus yang mengabdikan orang percaya ketika
menuntunnya ke dalam kuasa ilahi untuk bersaksi. Istilah "penuh",
"diselimuti", dan "diberi kuasa" menunjukkan kepada perlengkapan yang
diberi Roh Kudus untuk pelayanan (Kis 2:4; 4:8,31; 9:17; 13:9,52).
Sebagaimana diperlukan, "kepenuhan" ini dapat diulangi.
- 2) Istilah "mencurahkan Roh" (Kis 2:17-18; 10:45), "menerima
karunia Roh Kudus" (Kis 2:38; 8:15), "Roh Kudus turun ke atas"
(Kis 8:16; 10:44; 11:15; 19:6) merupakan ungkapan-ungkapan yang
berbeda tentang peristiwa ketika orang percaya "penuh dengan Roh Kudus"
(Kis 2:4; 4:31; 9:17).
- 3) Semua orang percaya, termasuk para rasul yang telah dipenuhi
sebelumnya (Kis 2:4), kini dipenuhi kembali untuk menghadapi
perlawanan yang terus-menerus dari golongan Yahudi (ayat Kis 4:29).
Kepenuhan kembali dengan Roh Kudus merupakan bagian dari kehendak dan
persediaan Allah bagi semua orang yang telah menerima baptisan dalam Roh
Kudus (bd.
lihat cat. --> Kis 4:8;
lihat cat. --> Kis 13:52).
[atau ref. Kis 4:8; 13:52]
Kita harus mengharapkan dan mencari kepenuhan kembali ini.
- 4) Roh Kudus di sini mengunjungi seluruh jemaat. Karena itu, untuk
memenuhi kehendak Allah untuk gereja, yang dipenuhi bukan saja
perseorangan (ayat Kis 4:8; 9:17; 13:9), namun seluruh jemaat
(Kis 2:4; 4:31; 13:53) harus meng-alami berbagai kunjungan Roh Kudus
apabila terjadi kebutuhan dan tantangan khusus.
- 5) Gerakan Allah di atas seluruh jemaat dengan kepenuhan Roh Kudus yang
baru menghasilkan keberanian dan kuasa dalam bersaksi, saling mengasihi
dan kasih karunia berlimpah bagi semuanya.
13 Full Life: MEMBERITAKAN FIRMAN ALLAH DENGAN BERANI.
Nas : Kis 4:31
Kuasa Roh Kudus yang ada di dalam batin dan realitas kehadiran Allah
yang dihasilkan dari kepenuhan Roh membebaskan orang percaya dari ketakutan
terhadap orang lain dan meningkatkan keberanian dalam memberitakan Firman
Allah.
14 Full Life: DENGAN KUASA YANG BESAR.
Nas : Kis 4:33
"Kuasa yang besar" merupakan ciri khas dari khotbah dan kesaksian
rasuli (bd. Kis 1:8) karena tiga alasan:
- 1) Kesaksian rasuli berlandaskan Firman Allah (ayat Kis 4:29) serta
keyakinan bahwa Firman itu diberikan dengan pengilhaman Roh Kudus
(lihat art. PENGILHAMAN DAN KEKUASAAN ALKITAB).
- 2) Para rasul sadar bahwa mereka diutus dan ditugaskan oleh Yesus
Kristus sendiri, yaitu Tuhan yang bangkit.
- 3) Roh Kudus, melalui para rasul (ayat Kis 4:31), menimbulkan
keinsafan besar di kalangan mereka yang mendengarkan Injil tentang dosa
pribadi, kebenaran Kristus, dan penghakiman Allah
(lihat cat. --> Yoh 16:8).
[atau ref. Yoh 16:8]
15 Full Life: MENDUSTAI ROH KUDUS.
Nas : Kis 5:3
Supaya mendapat nama dan ketenaran, Ananias dan Safira berdusta
kepada gereja tentang pemberian mereka. Allah memandang dusta ini sebagai
pelanggaran berat terhadap Roh Kudus. Kematian mereka berdua dimaksudkan
sebagai tanda dari sikap Allah terhadap hati yang suka menipu di antara
mereka yang mengaku pernah lahir kembali dan dipenuhi dengan Roh.
Perhatikan bahwa berdusta pada Roh Kudus itu sama dengan berdusta kepada
Allah (ayat Kis 5:3,4;
lihat cat. --> Wahy 22:15; dan
[atau ref. Wahy 22:15]
lihat art. AJARAN TENTANG ROH KUDUS).
16 Full Life: MENGAPA ENGKAU MERENCANAKAN PERBUATAN ITU.
Nas : Kis 5:4
Akar dosa Ananias dan Safira adalah cinta mereka akan uang dan
pujian orang lain. Hal ini menyebabkan mereka menentang Roh Kudus (ayat
Kis 5:9). Setelah cinta akan uang dan pujian manusia memenuhi
seseorang, rohnya terbuka terhadap segala macam kejahatan Iblis
(1Tim 6:10). Orang tidak dapat mencintai uang dan pada waktu yang sama
mencintai dan melayani Allah (Mat 6:24; Yoh 5:41-44).
17 Full Life: REBAHLAH ANANIAS DAN PUTUSLAH NYAWANYA.
Nas : Kis 5:5
Allah dengan tegas menghukum Ananias dan Safira (ayat
Kis 5:5,10) supaya menunjukkan kebencian-Nya terhadap semua penipuan
dan ketidakjujuran dalam kerajaan Allah. Salah satu dosa yang paling buruk
ialah menipu umat Allah mengenai hubungan saudara dengan Yesus Kristus,
pekerjaan saudara bagi Dia dan luasnya pelayananmu. Bertindak secara
munafik ini berarti menggunakan darah Kristus yang sudah tercurah untuk
mempermuliakan diri di hadapan orang lain. Dosa ini mengabaikan maksudnya
Kristus menderita dan mati (Ef 1:4; Ibr 13:12), yang menunjukkan bahwa
kita tidak takut akan Allah (ayat Kis 5:5,11) dan tidak menghormati Roh
Kudus (ayat Kis 5:3); jelas sikap itu layak menerima hukuman Allah yang
adil (bd. Ul 6:1,2).
18 Full Life: SANGAT KETAKUTANLAH SELURUH JEMAAT.
Nas : Kis 5:11
Hukuman Allah atas Ananias dan Safira menyebabkan peningkatan sifat
rendah hati, rasa kagum dan ketakutan. Tanpa ketakutan yang patut terhadap
Allah yang suci dan murka-Nya terhadap dosa, umat Allah akan segera kembali
kepada cara-cara dunia yang jahat, tidak lagi mengalami pencurahan Roh dan
kehadiran Allah yang ajaib, serta terputus dari aliran kasih karunia Allah.
Takut akan Tuhan merupakan unsur yang perlu dalam iman dan kekristenan
alkitabiah masa kini
(lihat art. TAKUT AKAN TUHAN).
19 Full Life: MEREKA SEMUA DISEMBUHKAN.
Nas : Kis 5:16
Para rasul melakukan apa yang dilakukan oleh Tuhan sendiri; mereka
menyembuhkan orang yang dirasuk setan (lih. Mr 1:34). Kenyataan ini
menjadi tanda yang terpenting bahwa kerajaan Allah telah datang dengan
kuasa di antara manusia
(lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN).
Tidak pernah salah untuk berdoa supaya melalui Roh Kudus kita dapat
melakukan hal-hal yang baik dan menyembuhkan mereka yang sakit dan dikuasai
setan (Kis 4:30;
lihat art. PENYEMBUHAN ILAHI).
20 Full Life: LEBIH TAAT KEPADA ALLAH DARIPADA KEPADA MANUSIA.
Nas : Kis 5:29
Pertanyaan yang harus senantiasa ditanyakan oleh orang percaya
ialah, "Apa yang berkenan di hadapan Allah?" dan bukan, "Apakah hal itu
bijaksana, aman, menyenangkan dan disukai orang lain?" (bd. Gal 1:10).
21 Full Life: ROH KUDUS ... KEPADA SEMUA ORANG YANG MENAATI DIA.
Nas : Kis 5:32
Apabila tidak ada ketaatan yang benar kepada Kristus atau usaha yang
sungguh-sungguh untuk mencari kebenaran kerajaan Allah (Mat 6:33;
Rom 14:17), maka setiap pengakuan dipenuhi oleh Roh Kudus tidak sah.
Pentakosta tanpa ke-Tuhanan Kristus itu mustahil (bd. Kis 2:38-42),
karena Roh Kudus dengan penuh kuasa diberikan hanya kepada mereka yang
hidup "taat kepada nama-Nya" (Rom 1:5;
lihat art. KRITERIA UNTUK BAPTISAN DALAM ROH).
22 Full Life: BELUM TURUN DI ATAS SEORANGPUN DI ANTARA MEREKA.
Nas : Kis 8:16
Roh Kudus belum turun di atas seorang pun di antara mereka dengan
cara yang sama seperti Ia turun atas orang percaya pada hari Pentakosta
(Kis 2:4). Dia belum datang atas mereka sebagaimana dijanjikan Bapa
(Kis 1:4) dan seperti dinubuatkan Kristus "kamu akan dibaptis dengan
Roh Kudus" (Kis 1:5). Rupanya mereka belum menunjukkan tanda-tanda
rohani yang diharapkan, khususnya ucapan ilahi yang diilhami
(lihat cat. --> Kis 8:5-24;
lihat cat. --> Kis 8:18).
[atau ref. Kis 8:5-24; 8:18]
23 Full Life: MEREKA MENERIMA ROH KUDUS.
Nas : Kis 8:17
Lewat penumpangan tangan, orang-orang Samaria menerima Roh Kudus
dengan cara sama seperti baptisan dalam Roh Kudus yang terjadi pada hari
Pentakosta (Kis 1:8; 2:4).
"Dua tahap" pengalaman orang Samaria ini -- yaitu, percaya dahulu dan
kemudian dipenuhi dengan Roh Kudus -- menunjukkan bahwa pengalaman "dua
tahap" orang percaya pada hari Pentakosta tidak abnormal. Baik pengalaman
Paulus dalam Kis 9:5-17 maupun murid-murid di Efesus dalam
Kis 19:1-6 adalah sama seperti orang Samaria ini. Mereka menerima Yesus
Kristus sebagai Tuhan dan kemudian mereka dipenuhi dengan Roh Kudus. Akan
tetapi, selang waktu di antara keselamatan dan kepenuhan Roh Kudus tidak
perlu lama seperti dipertunjukkan mereka yang ada di Kaisarea (pasal
Kis 10:1-48).
24 Full Life: KETIKA SIMON MELIHAT.
Nas : Kis 8:18
Datangnya Roh Kudus atas orang Samaria disertai penyataan-penyataan
lahiriah yang dapat diamati oleh seorang tukang sihir bernama Simon. Masuk
akal untuk menyimpulkan bahwa penyataan yang dilihat adalah sama seperti
yang terjadi setelah Roh Kudus turun pada hari Pentakosta, yaitu,
berkata-kata dengan bahasa roh (lih. Kis 2:4; 10:45-46; 19:6;
lihat cat. --> Kis 11:15;
lihat cat. --> Kis 19:6; dan
[atau ref. Kis 11:15; Kis 19:6]
lihat art. BERKATA-KATA DENGAN BAHASA ROH).
Penyataan ini memberikan para rasul dan orang di Samaria tanda-tanda yang
mengesahkan bahwa Roh Kudus telah turun atas orang percaya baru ini.
25 Full Life: HATIMU TIDAK LURUS.
Nas : Kis 8:21
Baptisan dalam Roh Kudus di seluruh Kisah Para Rasul terjadi hanya
dalam keadaan kemuridan yang sungguh-sungguh kepada Yesus Kristus.
- 1) Simon yang mencari kuasa dan karunia dari Roh Kudus ini dan juga
kuasa untuk memberikannya (ayat Kis 8:19) ditolak Allah karena
hatinya tidak lurus di hadapan Allah; Simon masih jahat dan "terjerat
dalam kejahatan" (ayat Kis 8:22-23). Karunia Roh Kudus yang sejati
hanya akan dicurahkan atas mereka yang "takut akan Dia dan yang
mengamalkan yang benar" (Kis 10:35; bd. Kis 10:44-48; juga lih.
Kis 5:32).
- 2) Sebelum dan sesudah hari Pentakosta, para pengikut Kristus
mengabdikan diri kepada Tuhan yang sudah bangkit (Kis 1:2-14; 2:32)
dan bertekun dalam doa (Kis 1:14; 6:4). Mereka menjalankan kehidupan
yang terpisah dari dosa dan dunia (Kis 2:38-40) serta menaati ajaran
para rasul (Kis 2:42; 6:4). Pencurahan yang diulangi atau yang baru
oleh Roh Kudus diberikan hanya kepada orang percaya yang telah berbalik
dari dosa dan cara hidup yang jahat kepada kehidupan yang taat kepada
Kristus (bd. Kis 2:42; 3:1,19,22-26; 4:8,19-35; 5:29-32; 6:4;
Kis 8:14-21; Kis 9:1-19; 10:34-47; 19:1-6; 24:16). Hidup dalam Roh
dan dipimpin oleh Roh selalu menjadi syarat untuk dipenuhi dengan Roh
(lih. Gal 5:16-25; Ef 5:18).
- 3) Sesuatu pengalaman adikodrati yang dikira baptisan dalam Roh yang
terjadi pada seseorang yang masih melanjutkan cara hidup tabiat berdosa
bukanlah dari Kristus (bd. 1Yoh 4:1-6). Hal itu merupakan baptisan
yang "palsu" dan dapat disertai tanda-tanda dan kuasa-kuasa kegelapan
(Mat 7:21-23; 2Tes 2:7-10;
lihat art. KRITERIA UNTUK BAPTISAN DALAM ROH).
26 Full Life: DORKAS ... BANYAK SEKALI BERBUAT BAIK.
Nas : Kis 9:36
Sebagaimana Allah bekerja melalui Petrus untuk mengadakan kesembuhan
(ayat Kis 9:33-35) dan membangkitkan orang mati (ayat Kis 9:40),
Dia juga bekerja melalui Dorkas dengan perbuatan-perbuatan kebaikan hati
dan kasih. Tindakan-tindakan kasih yang menolong mereka yang perlu bantuan
adalah perwujudan Roh Kudus sama dengan tanda-tanda ajaib dan mukjizat.
Paulus menekankan kebenaran ini dalam pasal 1Kor 13:1-13 (bd.
1Pet 4:10-11).
27 Full Life: SEMUA DOAMU ... ALLAH MENGINGAT ENGKAU.
Nas : Kis 10:4
Allah memandang doa-doa kita sebagai suatu persembahan yang naik ke
hadapan-Nya, yang mengingatkan Dia akan ketekunan kita dalam memohon
kepada-Nya dengan iman dan pengabdian (lih. Mazm 141:2; Ibr 13:15-16).
28 Full Life: NAIKLAH PETRUS KE ATAS RUMAH UNTUK BERDOA.
Nas : Kis 10:9
Roh Kudus, pengarang Alkitab, telah menyatakan bahwa orang Kristen
PB adalah orang yang bertekun dalam banyak doa. Mereka menyadari bahwa
kerajaan Allah tidak dapat terwujud dengan kuasa penuh hanya dengan doa
beberapa menit sehari (Kis 1:14; 2:42; 3:1; 6:4; Ef 6:18; Kol 4:2).
- 1) Orang Yahudi yang saleh berdoa dua sampai tiga kali setiap hari (bd.
Mazm 55:18; Dan 6:11). Para pengikut Kristus, khususnya para rasul
(Kis 6:4), biasa berdoa dengan kekhusukan yang sama. Petrus dan
Yohanes memasuki bait Allah "ketika tiba waktunya berdoa" (Kis 3:1);
sedangkan Paulus dan Lukas melakukan hal yang sama (Kis 16:16).
Petrus biasa berdoa pada pukul dua belas tengah hari; Allah memberkati
Kornelius karena dia setia pada saat-saat berdoanya (ayat Kis 10:30
dst).
- 2) Alkitab mendorong orang percaya untuk bertekun dengan setia dalam
doa (Rom 12:12), berdoa selalu (Luk 18:1), tetap berdoa
(1Tes 5:17), berdoa di mana-mana (1Tim 2:8), berdoa setiap waktu
untuk bermacam-macam permohonan (Ef 6:18), bertekun dalam doa
(Kol 4:2) dan berdoa dengan kuasa (Yak 5:16). Semua nasihat ini
menunjukkan bahwa tidak mungkin ada kuasa Kerajaan Allah dalam
peperangan terhadap dosa, Iblis dan dunia, atau kemenangan dalam usaha
untuk memenangkan yang hilang tanpa banyak berdoa setiap hari
(lihat art. BERDOA DENGAN EFEKTIF).
- 3) Mengingat Tuhan Yesus pernah berharap agar murid-murid-Nya
berjaga-jaga dan berdoa selama "satu jam" (Mat 26:38-41) dan urgensi
saat-saat terakhir ini, tidakkah berkenan kepada Allah apabila setiap
orang percaya meluangkan setiap hari sekurang-kurangnya satu jam untuk
berdoa dan mempelajari Firman Allah untuk memperluas kerajaan Allah di
atas muka bumi ini dan segala yang terlibat dalamnya untuk kita
(Mat 6:10,33)?
- 4) Satu jam doa dapat mencakup unsur-unsur berikut:
- (a) pemujaan,
- (b) menyanyi memuji Tuhan,
- (c) mengucap syukur,
- (d) menantikan Tuhan,
- (e) membaca Firman Allah,
- (f) mendengarkan Roh Kudus,
- (g) mengucapkan kata-kata Alkitab dalam doa,
- (h) mengakui kekurangan dan kesalahan,
- (i) mendoakan orang lain,
- (j) permohonan untuk kebutuhan-kebutuhan sendiri dan
- (k) berdoa dalam bahasa roh.
29 Full Life: BERKATALAH ROH.
Nas : Kis 10:19
Roh Kudus menginginkan semua orang diselamatkan (Mat 28:19;
2Pet 3:9). Karena para rasul telah menerima Roh Kudus, maka mereka juga
menginginkan semua orang diselamatkan. Akan tetapi, secara intelektual
mereka belum sadar bahwa keselamatan kini tidak terbatas pada orang Israel
saja, tetapi terbuka bagi semua bangsa (ayat Kis 10:34-35). Roh
Kuduslah yang memberikan gereja visi yang lebih luas. Dalam kitab ini Roh
Kudus merupakan kuasa usaha misi dengan menuntun gereja kepada
daerah-daerah pekabaran Injil baru (Kis 8:29,39; 11:11-12; 13:2,4;
Kis 16:6; Kis 19:21). Pencurahan Roh Kudus serta dorongan untuk
mengabarkan Injil selalu berjalan bersama-sama (bd. Kis 1:8). Bahkan
hingga dewasa ini, banyak orang percaya mendambakan keselamatan dari
kalangan yang dekat dengan mereka, namun belum memahami sepenuhnya maksud
Roh Kudus untuk misi sedunia
(lihat cat. --> Mat 28:19;
lihat cat. --> Luk 24:47).
[atau ref. Mat 28:19; Luk 24:47]
30 Full Life: ALLAH TIDAK MEMBEDAKAN ORANG.
Nas : Kis 10:34
Allah tidak membedakan bangsa atau suku atau menyayangi orang karena
bangsa, kelahiran atau kedudukan dalam hidup (bd. Yak 2:1).
Allah berkenan dan menerima orang dari setiap bangsa yang berbalik dari
dosa, percaya kepada Kristus, takut akan Allah, dan hidup benar (ayat
Kis 10:35; bd. Rom 2:6-11). Semua orang yang tetap hidup demikian
akan tinggal di dalam kasih dan perkenan Allah (Yoh 15:10).
31 Full Life: MENYEMBUHKAN SEMUA ORANG YANG DIKUASAI IBLIS.
Nas : Kis 10:38
Lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN.
32 Full Life: TURUNLAH ROH KUDUS KE ATAS SEMUA ORANG.
Nas : Kis 10:44
Seluruh rumah tangga Kornelius yang bukan Yahudi mendengarkan dan
menerima Firman Allah dengan iman yang menyelamatkan (ayat
Kis 10:34-48; Kis 11:14).
- 1) Karena mereka menerima Kristus, Allah langsung mencurahkan Roh Kudus
atas mereka sebagai bukti bahwa mereka telah percaya dan menerima
pembaharuan hidup dari Kristus (bd. Kis 11:17; 15:8-9).
- 2) Kedatangan Roh Kudus atas rumah tangga Kornelius mempunyai maksud
yang sama dengan karunia Roh atas para murid Yesus pada hari Pentakosta
(bd. Kis 1:8; 2:4). Pencurahan ini bukan melukiskan karya
pembaharuan Allah, melainkan kedatangan-Nya atas mereka untuk memberi
kuasa. Perhatikan perkataan Petrus kemudian hari yang menekankan
persamaan pengalaman ini dengan apa yang terjadi pada hari Pentakosta
(Kis 11:15,17).
- 3) Jelas adalah mungkin untuk menerima baptisan dalam Roh segera
setelah menjalankan iman yang menyelamatkan
(lihat cat. --> Kis 10:46;
[atau ref. Kis 10:46]
bd. Kis 11:17).
33 Full Life: ROH KUDUS.
Nas : Kis 10:45
Untuk pembahasan mengenai luasnya kegiatan Roh Kudus di dalam
kehidupan orang percaya
lihat art. AJARAN TENTANG ROH KUDUS.
34 Full Life: MENDENGAR ORANG-ORANG ITU BERKATA-KATA DALAM BAHASA ROH.
Nas : Kis 10:46
Petrus dan kawan-kawannya memandang berkata-kata dengan bahasa roh
sebagai tanda yang meyakinkan mengenai baptisan dalam Roh Kudus. Yaitu,
sama seperti Allah mengesahkan perbuatan-Nya pada hari Pentakosta dengan
tanda bahasa roh (Kis 2:4), Dia menyebabkan orang bukan Yahudi di rumah
Kornelius berkata-kata dengan bahasa roh sebagai tanda yang meyakinkan
kepada Petrus dan orang percaya Yahudi lain
(lihat art. BERKATA-KATA DENGAN BAHASA ROH).
35 Full Life: TURUNLAH ROH KUDUS KE ATAS MEREKA SAMA SEPERTI DAHULU KE ATAS KITA.
Nas : Kis 11:15
Pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta (Kis 2:4) merupakan
pola penerimaan Roh Kudus selanjutnya. Baptisan dalam Roh akan ditentukan
oleh perubahan yang tampak dalam individu, penyaluran sukacita,
ucapan-ucapan yang diilhami Roh dan keberanian dalam bersaksi (Kis 2:4;
Kis 4:31; 8:15-19; 10:45-47; 19:6). Jadi, ketika Petrus mengemukakan
kepada para rasul dan saudara-saudara di Yerusalem bahwa Kornelius
sekeluarga berkata-kata dalam bahasa roh pada saat Roh Kudus dicurahkan
atas mereka (bd. Kis 10:45-46), mereka yakin bahwa Allah telah
memberikan keselamatan kepada orang bukan Yahudi (ayat Kis 11:18).
Baptisan dalam Roh jangan dianggap terjadi hari ini jika tidak disertai
penyataan-penyataan yang tampak seperti bahasa roh; dalam kitab Kisah Para
Rasul tidak pernah dianggap bahwa baptisan dalam Roh ini suatu pengalaman
yang dapat diketahui dengan iman saja
(lihat cat. --> Kis 8:12;
lihat cat. --> Kis 8:16;
lihat cat. --> Kis 19:6;
[atau ref. Kis 8:12,16; 19:6]
lihat art. BERKATA-KATA DENGAN BAHASA ROH; dan
lihat art. KRITERIA UNTUK BAPTISAN DALAM ROH).
36 Full Life: KEPADA KITA PADA WAKTU KITA MULAI PERCAYA.
Nas : Kis 11:17
Suatu terjemahan yang lebih harfiah adalah, "Allah memberikan mereka
karunia yang sama seperti diberikan kepada kita juga setelah percaya."
Pernyataan ini selaras dengan fakta historis bahwa para rasul percaya
kepada Yesus dan dibaharui oleh Roh Kudus sebelum hari Pentakosta
(lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID).
37 Full Life: KETIKA MEREKA MENDENGAR HAL ITU.
Nas : Kis 11:18
Khotbah Petrus membungkam semua keberatan (ayat Kis 11:4-18).
Allah telah membaptiskan orang-orang bukan Yahudi dalam Roh Kudus
(Kis 10:45) disertai bukti-bukti yang meyakinkan bahwa mereka
berkata-kata dengan bahasa roh (Kis 10:46). Berkata-kata dengan bahasa
roh merupakan satu-satunya tanda yang diperlukan dan tanda itu diterima
tanpa ragu-ragu.
38 Full Life: TETAP SETIA KEPADA TUHAN.
Nas : Kis 11:23
Para murid PB tidak beranggapan bahwa mereka yang menerima kasih
karunia Allah dengan sendirinya akan tetap setia kepada Tuhan karena dosa,
dunia, dan pencobaan Iblis dapat membelokkan seorang yang baru percaya dari
jalan keselamatan di dalam Kristus. Barnabas memberi contoh kepada kita
bagaimana menangani orang yang baru bertobat: perhatian utama kita harus
menolong dan mendorong mereka untuk tetap bertahan di dalam iman, kasih,
dan persekutuan dengan Kristus dan gereja-Nya (bd. Kis 13:43; 14:22).
39 Full Life: MURID-MURID ITU UNTUK PERTAMA KALINYA DISEBUT KRISTEN.
Nas : Kis 11:26
Kata "Kristen" (Yun. _christianos_) hanya digunakan tiga kali dalam
PB (Kis 11:26; 26:28; 1Pet 4:16). Pada mulanya istilah ini berarti
seorang hamba atau pengikut Kristus. Dewasa ini telah menjadi istilah umum
yang kehilangan arti aslinya dari PB. Nama ini seharusnya menunjuk kepada
nama Penebus kita (Rom 3:24), ide tentang hubungan intim kita dengan
Kristus (Rom 8:38-39) dan pikiran bahwa kita menerima Dia sebagai Tuhan
kita (Rom 5:1) dan sumber keselamatan kekal (Ibr 5:9). Mengaku nama
"Kristen" berarti bahwa Kristus dan Firman-Nya telah menjadi kekuasaan
utama kita dan satu-satunya sumber pengharapan kita untuk masa depan
(Kol 1:5,27).
40 Full Life: BEBERAPA NABI.
Nas : Kis 11:27
Peranan nabi-nabi dalam gereja diakui dalam surat-surat Paulus
(lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA).
41 Full Life: MEMBUNUH YAKOBUS ... DENGAN PEDANG.
Nas : Kis 12:2
Allah mengizinkan Yakobus, saudara Yohanes (bd. Mat 4:21), untuk
mati, namun mengutus malaikat untuk menyelamatkan Petrus (ayat
Kis 12:3-17). Bahwa Yakobus harus mati sedangkan Petrus hidup untuk
pelayanan selanjutnya merupakan cara rahasia Allah dengan umat-Nya. Yakobus
memperoleh kehormatan sebagai yang pertama dari rasul-rasul untuk mati
syahid. Dia mati seperti Tuhannya -- demi pekerjaan Allah (bd.
Mr 10:36-39).
42 Full Life: JEMAAT.
Nas : Kis 12:5
Baik dari kitab Kisah Para Rasul maupun nas lainnya dalam PB kita
memperoleh pengertian mengenai norma atau patokan-patokan yang diterima
gereja PB.
- 1) Yang pertama dan utama ialah bahwa suatu gereja akan terdiri atas
orang-orang yang dibentuk dalam jemaat setempat dan dipersatukan oleh
Roh Kudus, yang dengan tekun mencari suatu hubungan pribadi dengan Allah
dan Tuhan Yesus Kristus (Kis 13:2; 16:5; 20:7; Rom 16:3-4;
1Kor 16:19; 2Kor 11:28;
lihat cat. --> Ibr 11:6).
[atau ref. Ibr 11:6]
- 2) Melalui kesaksiannya yang berkuasa, orang berdosa akan diselamatkan,
dilahirkan kembali, dibaptiskan dalam air dan dijadikan anggota jemaat;
mereka akan mengambil bagian dalam Perjamuan Kudus dan menantikan
kedatangan Kristus (Kis 2:41-42; 4:33; 5:14; 11:24; 1Kor 11:26).
- 3) Baptisan dalam Roh Kudus akan diberitakan dan disampaikan kepada
orang percaya yang baru
(lihat cat. --> Kis 2:39)
[atau ref. Kis 2:39]
serta kehadiran dan kuasa Roh akan dinyatakan.
- 4) Karunia-karunia Roh Kudus bekerja (Rom 12:6-8; 1Kor 12:4-11;
Ef 4:11-12), termasuk tanda-tanda ajaib dan mukjizat-mukjizat serta
penyembuhan (Kis 2:18,43; 4:30; 5:12; 6:8; 14:10; 19:11; 28:8;
Mr 16:18).
- 5) Allah memberikan kepemimpinan rangkap lima kepada gereja "untuk
memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan"
(Ef 4:11-12;
lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA).
- 6) Orang percaya akan mengusir setan (Kis 5:16; 8:7; 16:18; 19:12;
Mr 16:17).
- 7) Akan ada kesetiaan penuh kepada Injil, yaitu, ajaran asli Tuhan
Yesus dan para rasul (Kis 2:42;
lihat cat. --> Ef 2:20).
[atau ref. Ef 2:20]
Umat akan dengan tekun mempelajari dan menaati Firman Allah
(Kis 6:4; Kis 18:11; Rom 15:18; Kol 3:16; 2Tim 2:15).
- 8) Pada hari pertama dari setiap minggu (Kis 20:7; 1Kor 16:2),
jemaat lokal akan bertemu untuk berbakti serta membangun diri bersama
melalui Firman Allah dan penyataan-penyataan Roh (1Kor 12:7-11;
1Kor 14:26; 1Tim 5:17).
- 9) Gereja akan berada di hadapan Allah yang kudus dengan kerendahan
hati, kegentaran, dan kekaguman (Kis 5:11). Umat akan sangat
memperhatikan kesucian gereja, sambil mendisiplinkan anggota yang
berdosa dan guru-guru palsu yang tidak setia kepada iman alkitabiah
(Kis 20:28; 1Kor 5:1-13;
lihat cat. --> Mat 18:15).
[atau ref. Mat 18:15]
- 10) Mereka yang bertekun dalam sifat kesalehan dan patokan-patokan
kebenaran yang ditetapkan para rasul akan ditahbiskan sebagai penatua
untuk menilik jemaat-jemaat lokal sambil memelihara kehidupan rohani
mereka
(lihat cat. --> Mat 18:15;
[atau ref. Mat 18:15]
1Kor 5:1-5; 1Tim 3:1-7; Tit 1:5-9;
lihat art. PENILIK JEMAAT DAN KEWAJIBANNYA).
- 11) Demikian pula, gereja akan mempunyai para diaken yang bertanggung
jawab atas berbagai urusan sekular dan jasmani
(lihat cat. --> 1Tim 3:8).
[atau ref. 1Tim 3:8]
- 12) Di antara anggota-anggota jemaat akan tampak kasih dan persekutuan
dalam Roh (Kis 2:42,44-46;
lihat cat. --> Yoh 13:34),
[atau ref. Yoh 13:34]
bukan saja dalam jemaat lokal, tetapi juga antara jemaat-jemaat lain
yang percaya Alkitab (Kis 15:1-31; 2Kor 8:1-8).
- 13) Gereja akan menjadi gereja yang berdoa dan berpuasa (Kis 1:14;
Kis 6:4; 12:5; 13:2; Rom 12:12; Kol 4:2; Ef 6:18).
- 14) Orang percaya akan memisahkan diri dari pendapat dunia dan roh
duniawi yang berlaku dalam kebudayaan di sekitarnya (Kis 2:40;
Rom 12:2; 2Kor 6:17; Gal 1:4; 1Yoh 2:15-16).
- 15) Akan ada penderitaan karena dunia serta cara hidupnya
(Kis 4:1-3; Kis 5:40; 9:16; 14:22).
- 16) Gereja akan menolong secara aktif mengirim misionaris ke negara
lain (Kis 2:39; 13:2-4).
Tidak ada satu pun gereja lokal yang berhak menyebutkan dirinya gereja
menurut norma PB kecuali ada usaha untuk menjalankan keenam belas sifat ini
dalam sidangnya.
Lihat art. GEREJA
untuk pembahasan selanjutnya mengenai doktrin alkitabiah gereja.
43 Full Life: DENGAN TEKUN MENDOAKANNYA.
Nas : Kis 12:5
Orang percaya PB menghadapi penganiayaan dengan bertekun dalam doa.
Situasi nampaknya sulit sekali: Yakobus sudah dibunuh, dan Herodes sedang
menawan Petrus dengan dikawali enam belas prajurit. Namun gereja mula-mula
hidup berdasarkan keyakinan bahwa "doa orang yang benar, bila dengan yakin
didoakan, sangat besar kuasanya" (Yak 5:16), dan mereka mendoakan
situasi Petrus dengan khusuk. Doa mereka segera dikabulkan (ayat
Kis 12:6-17).
Gereja-gereja PB sering kali menjalankan doa bersama yang panjang waktunya
(Kis 1:14; 2:42; 4:24-31; 12:5,12; 13:2). Allah menghendaki umat-Nya
berkumpul untuk menaikkan doa yang penuh arti dan berkesinambungan;
perhatikan perkataan Yesus, "Rumah-Ku akan disebut rumah doa"
(Mat 21:13). Gereja-gereja yang menuntut bahwa teologi, kegiatan, dan
misi mereka didasarkan pada pola ilahi yang diajukan dalam kitab Kisah Para
Rasul dan tulisan lain PB harus mempraktikkan doa bersama yang khusuk
sebagai unsur yang penting dalam penyembahan mereka -- bukan sekadar doa
satu dua menit saja dalam tiap kebaktian. Dalam gereja mula-mula kuasa dan
kehadiran Allah berjalan seiring dengan kebaktian doa. Khotbah, pengajaran,
nyanyian, musik atau kegiatan lain yang banyak sekalipun tidak akan
mendatangkan kuasa dan kehadiran Roh Kudus sejati tanpa doa PB di mana
orang-orang percaya "bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama"
(Kis 1:14).
44 Full Life: SEORANG MALAIKAT.
Nas : Kis 12:7
Malaikat adalah "roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani
mereka yang harus memperoleh keselamatan" (Ibr 1:14;
lihat art. PARA MALAIKAT DAN MALAIKAT TUHAN).
45 Full Life: ALLAH, YANG MENGENAL HATI MANUSIA.
Nas : Kis 15:8
Pengenalan Allah akan hati orang bukan Yahudi (yaitu, Kornelius dan
keluarganya) berarti bahwa Ia melihat iman yang menyelamatkan dalam diri
mereka. Allah mengesahkan kesungguhan iman mereka
- (1) dengan menyucikan hati mereka melalui karya pembaharuan Roh
Kudus (ayat Kis 15:9) dan
- (2) dengan membaptis mereka dalam Roh segera setelah itu, yang
dibuktikan dengan tanda yang menyertainya, yaitu berkata-kata dengan
bahasa roh (Kis 10:44-46; 11:15-18).
46 Full Life: OLEH KASIH KARUNIA TUHAN YESUS.
Nas : Kis 15:11
Persoalan yang penting dalam sidang di Yerusalem adalah apakah sunat
serta ketaatan kepada hukum Taurat diperlukan untuk keselamatan. Para
delegasi berkesimpulan bahwa orang-orang bukan Yahudi diselamatkan karena
kasih karunia Tuhan Yesus yang mengampuni dosa mereka serta menjadikan
mereka ciptaan baru
(lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
Kasih karunia datang kepada seseorang pada saat ia bertobat dan percaya
pada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat (Kis 2:38-39).
Tanggapan ini terhadap kasih karunia Allah memungkinkan dia menerima kuasa
untuk menjadi anak Allah (Yoh 1:12).